Teori Life Path Change dalam memulai berwirausaha

Teori Life Path Change dalam memulai berwirausaha

 Oleh:

Setyawan Andy

Owner STEAKOTAKINGDOM

Shapero & Sokol mengatakan bahwa seorang wirausaha tidak melulu lahir dari suatu kondisi yang sistematis, terencana, dan terukur dari awal. Ada 3 pendekatan lahirnya seorang pengusaha yaitu:

1.      Negative Displacement

Bahwa memutuskan untuk menjadi pengusaha terkadang butuh moment “displacement” yang hadir dalam hidup kita. konteks ”negative” disini karena kita telah mengalami masa-masa sulit dalam hidup, dan selanjutnya kita mengambil reaksi dengan membuat keputusan pasca masa sulit tersebut. Misalnya, ketika saya dahulu memutuskan untuk berbisnis STEAKOTAKINGDOM karena saya ingin resign dari kerjaan dan harus melakukan sesuatu yang produktif sebagai sumber penghasilan. Kondisi negative displacement ini bisa terjadi karena terpaksa atau dipaksa untuk membuka usaha. Negative displacement biasanya menjadi alasan bagi orang-orang yang tidak ingin terikat secara birokrat dan ingin fleksibel dalam waktu serta tidak ingin dalam tekanan dan deadline pekerjaan.

2.      Being Between Things

Orang yang baru selesai kuliah biasanya mengalami masa ini. Di mana ia merasa berada (being between things) diluar dari dunianya, dan ada dalam kehidupan baru yang berbeda dari sebelumnya. Dengan keadaan ini biasanya mereka akan memutuskan untuk berbisnis karena dinilai menjadi pengusaha akan mengandalkan diri mereka sendiri tanpa harus bertumpu pada orang lain.

3.      Having Positive Pull

Pada kondisi ini seseorang mendapatkan dukungan full dari orang-orang sekitarnya. Misalkan menejer produksi dari suatu perusahaan cokelat compound yang resign karena ingin membuka usaha produk kuliner kemasan berbahan dasar cokelat dan di kemas dalam jar dan mendapat dukungan penuh dari perusahaan sebelumnya. Ia mengeluarkan produk-produk COMEL Choco Melt, MONSTER (jagung dilapis madu dilapis cokelat di tabur full cream), dan CAAL Cokelat Alay coklat bar dengan isian oreo dan marshmallow di bawah home brand STEAKOTAKINGDOM. Sang mantan menejer ini di suplai coklatnya dari perusahaan terdahulu ketika ia bekerja, bahkan mendapatkan potongan harga. Dukungan positif ini juga bisa datang dari mentor, pelanggan, ataupun investor. Dukungan ini akan memudahkan mereka dalam mengantisipasi peluang usaha, selain itu juga menciptakan rasa aman dari resiko usaha.

Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar